Monday, January 23, 2006

Ancaman Asma dan Alergi Kala Musim Liburan Tiba

ANCAMAN POTENSIAL. Ketika musim liburan tiba, jutaan warga Amerika sibuk mempersiapkan diri untuk mendekorasi rumah mereka atau mengadakan pesta liburan. Tetapi bagi para penderita asma dan alergi lainnya, musim liburan menyimpan ancaman potensial bagi mereka. Demikian menurut pendapat organisasi American Academy of Allergy, Asthma and Immunology (AAAAI), awal Desember 2005 yang lalu.

Apakah Anda bersibuk-ria menyiapkan pohon Natal, menengok binatang peliharaan sanak-saudara, atau berpesta menyambut liburan, ancaman pemicu timbulnya alergi mengintai di setiap sudut.

“Akibat ketatnya skedul dan perjalanan yang terus-menerus sepanjang musim liburan, banyak orang mudah terlupa untuk merawat kesehatannya secara tertib bila menyangkut ancaman alergi dan asma”, kata Wanda Phipatanakul, MD, MS, FAAAAI, wakil ketua Komite Indoor Allergen dari AAAAI.

“Senantiasa mengingat pemakaian obat dan menghindari pemicu yang potensial merupakan hal penting agar gejala penyakitnya dapat terkendalikan”


DUA BELAS PETUNJUK. AAAAI berikut ini memberikan 12 tips agar masa liburan Anda terbebas dari gangguan asma dan alergi :

Sebelum menghias pohon Natal, keringkan dulu di serambi yang terpisah atau garasi.
Bersihkan pohon Natal yang terbuat dari bahan sintetis di luar rumah sebelum dihias. Pohon itu dapat ditempeli debu ketika disimpan.
Cucilah bahan-bahan dekorasi atau hiasan yang terbuat dari kain dalam air panas, disabuni, sebelum dipajang.
Manfaatkan bahan dekorasi yang terbuat dari plastik, logam atau kaca yang tidak memerangkap debu.
Ketika menyemprotkan salju buatan ke jendela atau tempat lainnya, pastikan mengikuti petunjuk. Penyemprot ini dapat menimbulkan iritasi pada paru-paru bila terisap oleh Anda.
Ketika mengikuti suatu pesta liburan, beritahu kepada tuan rumah mengenai makanan yang dapat menyebabkan alergi pada diri Anda dan carilah informasi mengenai bahan-bahan yang digunakan untuk mempersiapkan hidangan pesta.
Bawalah selalu alat medis self-injectable epinephrine untuk berjaga-jaga Anda menyantap makanan yang memicu alergi pada diri Anda. Makanan rumahan yang tidak rinci bahan-bahan pembuatnya dapat terkontaminasi elemen renik makanan pemicu alergi karena kontak dengan sarana penyimpanan, nampan pembakaran dan alat-alat dapur lainnya.
Ingatkan kepada seluruh anggota keluarga dan teman-teman bahwa penghindaran diri secara ketat merupakan satu-satunya usaha agar tidak terkenal alergi makanan dan bahkan menyantap sedikit saja akan memicu menderita.
Ketika menunjungi sanak saudara yang memiliki binatang piaraan, minumlah obat terlebih dahulu sebelum tiba, untuk mengurangi ancaman reaksi yang timbul.
Musim liburan dapat merupakan masa-masa paling stres sepanjang tahun. Perhatikan secara seksama tingkat stres Anda, yang kemungkinan besar dapat memicu serangan asma.
Mintalah agar famili dan teman-teman untuk tidak membakar kayu di pediangan/perapian. Asap yang muncul dapat memicu serangan asma.
Debu renik dapat menimbulkan bencana selama Anda berwisata yang jauh dari rumah. Bawalah sendiri bantal yang sarungnya bebas debu pencetus alergi dan mintalah bantal tanpa sarung ketika menginap di hotel.


MENCARI PENGOBATAN YANG TEPAT. Apabila gangguan alergi dan asma Anda tidak dapat dikendalikan, berkonsultasilah dengan dokter spesialis alergi/immunologist untuk mendiskusikan pengobatan dan pengendalian lingkungan yang dapat dilakukan.

Dokter spesialis alergi/immunologist merupakan ahli medis profesional yang dilatih untuk memiliki kualifikasi terbaik dalam mengelola, mencegah, mendiagnosa dan mengobati gangguan alergi dan asma.


(BH/WNG : 22/01/2006).

1 comment:

Unknown said...

Sebagaimana saya ketahui dari Buku "Hindari Ketergantungan Obat" bahwa asma bisa juga disebabkan oleh pembesaran pembungkus paru-paru hingga menekan ke dalam (paru-paru) yang membuat pengisian oksigen ke paru-paru berkurang.
Penyembuhannya dengan Normalisasi Pennasia untuk menormalisasi proses reaksi yang terjadi dalam tubuh secara maksimal sehingga dapat sembuh alami. Untuk lebih jauh, anda bisa belajar penyembuhan alami ini. Silahkan kunjungi SembuhAlami.com