Tuesday, January 31, 2006

Buku Panduan Bagi Penderita Asma

Sangat sensitif. Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan sulit bernafas. Pada penderita asma, saluran pernapasan menjadi sangat sensitif jika mengalami rangsangan atau gangguan.

Menurut The Lung Association of Canada, ada dua faktor pencetus asma, yaitu pemicu, berupa perubahan cuaca dan suhu udara, asap rokok, infeksi saluran pernapasan, gangguan emosi, dan olahraga yang berlebihan, serta faktor penyebab dalam bentuk ingestan (masuk melalui mulut), inhalan (dihirup melalui hidung atau mulut), dan kontak dengan kulit.


Dua Golongan Besar. Buku ini berisi informasi sekitar penyakit yang sering disebut sebagai “penyerang tengah malam”. Diawali dengan pembahasan tentang definisi dan penggolongan asma menjadi dua golongan besar, asma ekstrinsik dan intrinsik.

Selain menyajikan petunjuk penggunakan alat hirup, peak flow meter, cara mengendalikan tungau, tindakan darurat, serta senam bagi penderita, diuraikan juga tentang upaya pengobatan secara konvensional dan pengobatan komplementer.


Data Buku. Judul : Asma. Penyusun : Tim Redaksi Vitahealth. Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama. Cetakan : 1, 2005. Tebal : 180 halaman. Harga : Rp. 37.500.

(Sumber : Kompas Minggu, 10/7/2005 : h.11).

1 comment:

noorazmy said...

Mas BH, maaf saya baru bisa merespon sms Anda sekarang. Seharian saya berada di SMG dan sempat ada keselakaan kecil. jari saya terjepit pintu mobil kakak.

Artikel terbaru postingan Anda di blog ini adalah "Buku Panduan Bagi Penderita Asma".

Terus terang saya tidak tahu banyak tentang teknologi di belakang internet. Saya baru bisa menggunakannya. Bodohnya saya :(.